Beranda Dapur Rekomendasi 12 Alat Masak Wajib di Dapur Anda

Rekomendasi 12 Alat Masak Wajib di Dapur Anda

176
0
alat masak wajib di dapur anda
Source: Ideal Home

Dapur merupakan bagian penting dalam sebuah rumah. Dapur merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang digunakan untuk memasak dan menyimpan bahan-bahan makanan. Dapur juga menjadi pusat pengolahan pasokan makanan untuk seisi rumah. Oleh karena itu, kegiatan di dapur sangat berpengaruh bagi aktivitas keluarga.

Kegiatan di dapur tentunya perlu ditunjang dengan alat-alat masak yang memudahkan pengolahan dan penyajian makanan bagi anggota keluarga. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi alat masak wajib di dapur Anda:

1Alat masak wajib di dapur: Kompor

Source: Freepic

Kompor adalah perapian untuk memasak. Dahulu, proses memasak dilakukan di atas tungku atau perapian menggunakan kayu bakar. Kompor bersumbu merupakan inovasi selanjutnya yang digunakan masyarakat. Memanfaatkan bahan bakar minyak tanah, kompor jenis ini sangat populer hingga keberadaannya digantikan kompor gas.

Saat ini, ada tiga jenis kompor yang populer digunakan, yaitu kompor gas, kompor listrik, dan kompor induksi. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Selain jenisnya yang beragam, kompor juga memiliki model dan tampilan yang beraneka. Namun, bagaimanapun bentuk dan modelnya, kompor merupakan alat masak paling utama yang menjadi pusat dari dapur Anda.

2Penggorengan

source: Lodge Cast Iron

Penggorengan adalah wadah untuk memasak makanan yang biasanya diletakkan di atas tungku. Penggorengan memiliki beberapa jenis sebutan, seperti wajan dan kuali.
Kuali biasanya berbentuk cekung. Sedangkan wajan biasanya datar. Keduanya populer digunakan sebagai alat masak sesuai kebutuhan.

Penggorengan biasanya digunakan untuk menggoreng bahan makanan memakai minyak. Namun, dapat pula digunakan untuk menggoreng tanpa minyak atau sangrai. Selain itu, penggorengan juga dapat digunakan untuk merebus atau memasak sayur. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan bentuk dan ukuran penggorengan itu sendiri.

3Pisau dapur

Source: Allrecipes

Pisau dapur khusus dirancang untuk digunakan dalam persiapan dan pembuatan makanan. Walaupun umumnya kegiatan memasak dapat dibantu dengan pisau serba guna apapun, namun penggunaan pisau dapur akan lebih memudahkan pekerjaan memasak. Sebab, menggunakan jenis pisau tertentu yang sesuai dengan kebutuhan akan mempermudah dan mempercepat proses memasak sehingga bisa memaksimalkan waktu di dapur.

Pisau dapur juga memiliki ragam jenis yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Namun, secara umum, fungsi pisau dapur itu sendiri adalah untuk memotong atau mengiris berbagai sayur, buah, bumbu hingga memotong dan mencincang daging.

4Panci

Source: DoItYourself

Panci adalah alat masak yang terbuat dari logam dan berbentuk silinder atau mengecil pada bagian bawahnya. Biasanya panci digunakan untuk memasak air, sayur berkuah, dan makanan lain sejenis itu. Selain itu, panci juga bisa digunakan sebagai wadah untuk menampung hasil masakan dalam porsi besar.
Material panci sangat beragam. Ada panci yang terbuat dari baja, alumunium, dan lainnya. Bentuk dan ukurannya pun bervariasi. Bahkan, di sadarkan pada ukuran maupun kegunaannya, panci ini biasanya diajdikan sebagai panci set.

5Talenan

Source: Freepik

Talenan merupakan papan yang digunakan sebagai alas atau landasan saat memotong atau mencincang bahan masakan.
Pada mulanya talenan terbuat dari papan kayu yang sederhana. Bentuknya beraneka ragam. Ada yang bentuknya hanya persegi empat, persegi empat dengan satu ujung yang ada pegangannya, potongan kayu gelondongan hingga papan yang diberi kaki. Ukurannya juga bermacam-macam.

Sekarang, pilihan jenis talenan itu bervariasi. Tidak hanya terbuat dari kayu, tetapi juga terbuat dari bahan lain, semisal plastik dan sejenisnya. Modelnya pun beragam, mulai dari yang standar hingga aestetik.

6Sutil

Source: Adobe Stock

Sutil yang sering pula disebut sebagai spatula, merupakan sendok pengaduk makanan. Berbentuk gagang yang panjang, sutil memiliki model yang beragam. Alat masak satu ini juga terbuat dari berbagai jenis bahan mulai dari kayu, stainless steel, hingga silikon.

Funsi sutil juga berbeda didasarkan kepada bentuk dan jenis bahannya. Namun, secara garis besar sutil memiliki dua funsi utama yakni sebagai alat bantu membuat kue dan untuk memasak.

7Serbet

Source: Towelogy

Serbet merupakan kain persegi seperti saputangan atau tisu kertas yang digunakan di meja makan untuk menyeka mulut dan jari saat makan. Di dapur, keberadaan serbet itu serbaguna.

Serbet berguna untuk menjaga kebersihan dapur dari berbagai noda, terutama saat memasak. Serbet juga dapat digunakan untuk mengelap peralatan makan seperti piring dan sendok yang baru dicuci agar cepat kering.

8Blender

Source: Delish

Blender merupakan alat elektronik untuk menghaluskan atau melumatkan bahan makanan. Alat elektronik ini berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan.

Blender sebenarnya bisa mengambil alih fungsi ulekan dan codet. Namun, alat ini lebih cocok untuk menyiapkan/mencampur minuman (membuat jus, smoothie, susu kocok, atau menghancurkan es batu), atau menghaluskan bahan makanan yang mengandung banyak air.

9Mixer

Source: iStock

Mixer adalah alat yang berfungsi untuk mengolah dan mengaduk bahan adonan yang mudah digunakan saat proses pembuatan makanan. Mixer sangat dibututuhkan dalam proses pengolahan adonan kue yang harus dicampur dan diaduk selamawaktu tertentu. Alat ini praktis digunakan juga meringankan pekerjaan tangan.

Mixer memiliki dua jenis model, yakni hand mixer atau mixer tangan yang harus dipegang saat digunakan. Ada pula stand mixer yang sudah memiliki model porteble yang sudah dilengkapi wadah dan diposisikan sedemikian rupa sehingga tidak perlu dipegang secara manual.

10Oven

Source: The Nest

Oven atau pemanggang adalah peralatan berupa box yang memiliki ruang termal terisolasi yang digunakan untuk pemanasan, pemanggangan atau pengeringan suatu bahan makanan, dan umumnya digunakan untuk memasak.
Oven menggunakan gas atau listrik sebagai sumber panas yang akan mematangkan makanan. Suhu panas dalam oven akan disebar menggunakan kipas yang sudah tersedia untuk mendapatkan hasil masakan matang merata. Makanan yang dihasilkan akan memiliki tekstur lebih renyah dan matang.

Fungsi oven adalah untuk proses pembakaran atau roasting dan pemanggangan atau baking dengan tujuan mengolah makanan mentah menjadi matang.

Oven juga memiliki jenis dan ukuran yang beragam, mulai dari oven konvensional hingga modern. Oven konvensional biasanya menyatu dengan kompor dan memiliki kapasitas besar. Ada pula oven listrik yang mengandalkan daya listrik sebagai sumber panas. Selain itu, terdapat pula oven gas yang mengkombinasikan gas dan listrik sebagai sumber panas.

11Penanak nasi

Source: eHow

Ada beragam alat penanak nasi yang dapat dimanfaatkan untuk dapur Anda. Secara tradisional, nasi bisa dimasak menggunakan dandang. Namun, pada masa sekarang telah ada alat elektronik yang memudahkan menanak nasi, yaitu rice cooker.

Alat ini memanfaatkan energi listrik untuk mematangkan nasi dalam satu proses masak. Memasak nasi dengan rice cooker tentunya lebih praktis dan lebih cepat.

12Kulkas

Source: Whirlpool

Kulkas disebut juga lemari es atau lemari pendingin. Ini merupakan sebuah alat rumah tangga yang mengandalkan tenaga listrik dan penggunaan refrigerasi (proses pendingin) untuk mendukung proses pengawetan makanan.

Fungsi kulkas adalah untuk menyimpan dan mengawetkan bahan makanan mentah, sayur mayur, buah-buahan, minuman, dan makanan beku. Mengingat perannya yang penting dalam hal stok atau persediaan makanan, kulkas pun sangat dibutuhkan di rumah, terutama dapur.

Kulkas berbentuk lemari yang memiliki ruangan cukup untuk menyimpan bermacam-macam bahan makanan serta minuman untuk kebutuhan sehari-hari. Selain alat rumah tangga yang kegunaanya terkait erat dengan dapur, Kulkas juga menjelma menjadi salah satu furnitur yang bisa mempercantik interior rumah. Apalagi, desain dan model kulkas saat ini beragam dan semakin inovatif.

Teknologi pendinginnya pun terus berkembang, sehingga kulkas memiliki ragam pilihan, mulai dari ukuran, gaya, style, dan kegunaan.

Itulah beberapa jenis alat masak yang wajib di dapur Anda. Semua alat tersebut memungkinkan aktivitas Anda di dapur menjadi lebih efektif dan efisien serta menyenangkan. Rekomendasi lainnya tentang dapur Anda, dapat ditelusuri di artikel lainnya pada kanal Dapur di laman Peruta. []

Advertisements

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini